[SEMARANG] Klenteng Sam Poo Kong

Setelah selesai makan siang di Depok 38, gw dan keluarga langsung menuju ke Klenteng Sam Poo Kong. Sam Poo Kong ini merupakan tempat bersejarah di Semarang yang dibangun untuk mengenak Laksamana Cheng HoSetelah selesai makan siang di Depok 38, gw dan keluarga langsung menuju ke Klenteng Sam Poo Kong.

Harga tiket masuknya ada 2 macam, yaitu Rp7.000 untuk area wisata saja dan Rp27.000 untuk semua area, termasuk area sembahyang. Berhubung sudah ke sini jadi mikir ya sekalian aja deh, akhirnya beli tiket yang Rp27.000/ orangnya. Sebelum berangkat ud mikir harus bawa kursi roda buat nyokap. Untung tetangga ada yang punya, jadi akhirnya mutusin buat minjem aja. Eh gara-gara kursi rodanya emang ud lama banget ga dipakai, jadinya karet bannya kropos gitu pas di sini. Akhirnya taro lagi di mobil dan untungnya di Sam Poo Kong ini menyediakan kursi roda juga yang bisa dipakai secara gratis oleh pengunjung.

Bisa nulis permohonan juga loh kaya kuil-kuil di Jepang. Kurang tahu sih buat tulis permohonan gini bayar berapa. Oh iya di Sam Poo Kong ini juga menyediakan penyewaan kostum buat keperluan foto-foto.

Areanya sih sebenarnya dibilang luas banget juga gak. Cuman karena kami datangnya itu di siang hari, jadi mataharinya tuh terik banget! Begitu sampe aja langsung jajan es jeruk biar seger haha. Menurut gw sih enakan datang ke sini di pagi hari atau di sore hari sekalian.

Ke sini sambil liat-liat sambil foto-foto juga sih pastinya yah. Bokap nyokap tunggu di tempat yang adem dan ga ikut keliling-keliling karena panas dan takut capek.

Ini ud masuk ke area sembahyang. Kalau cuman beli tiket Rp7.000 pas mau masuk ke area ini harus bayar Rp20.000 lagi. Nah, berhubung ud bayar Rp27.000 di depan, jadi tinggal tunjukin aja tiketnya deh. Tiketnya jangan dihilangin ya karena dibutuhkan buat masuk ke area sembahyang ini loh dan juga dibutuhkan kalau ada perlu pinjam fasilitas dari Sam Poo Kong, seperti kursi roda misalnya.

Di sini kita bisa sembahyang juga. Kalau ga salah sih harus beli hionya terlebih dulu ya dan kalau sudah masuk area sembahyang ini diwajibkan untuk melepas alas kaki.

Lilinnya jumbo banget! Kira-kira abisnya berapa lama yah ini?

Bisa juga menuliskan permohonan atau doa di lampion yang nantinya akan digantung. Ini lupa sih harganya kisaran berapa tetapi seinget gw mayan mahal deh.

Ud di dalam area sembahyang ga lupa foto-foto terlebih dulu buat kenang-kenangan.

Sayang karena cuacanya emang lagi panas banget jadinya ga foto di depan patung Laksamana Cheng Ho nya. Menurut gw sih kalau ga masuk ke area sembahyangnya juga gpp, jadi cukup bayar Rp7.000 aja. Namun kalau penasaran sama area sembahyangnya kaya gimana ya bisa beli dulu tiketnya sebelum masuk ke area, sebesar Rp20.000

Klenteng Sam Poo Kong
Jl. SImongan No. 129
Semarang
Jawa Tengah

Opening Hour : 8AM-7PM

Ticket Price : Rp7.000 (tourist area only) / Rp27.000 (whole area)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s