Resep Makaroni Panggang

Waktu itu tiba-tiba banget kepengen makan makaroni panggang. Berhubung bahan yang diperlukan ada di rumah, akhirnya coba bikin deh berdasar resep dari web ini 

Bahan :

150 gr makaroni
150 gr daging asap ->  diganti dengan daging cincang
135 gr keju cheddar, parut atau dipotong dadu agar lebih terasa
100 gr keju parut untuk topping
250 ml susu cair
1 buah bawang bombay, iris halus
4 buah bawang putih, iris halus
2 sdm margarin
3 btr telur
¼ btr biji pala, haluskan -> pakai pala bubuk
¼ sdt lada
¾ sdt garam

Cara Membuat :

1. Rebus makaroni hingga 3/4 matang agar tidak terlalu lembek, beri sedikit minyak goreng supaya tidak lengket. Angkat dan tiriskan.
2. Siapkan wajan. Panaskan margarin, tumis bawang bombay. lalu bawang putih hingga harum Masukan daging asap, lalu masak hingga warnanya berubah
3. Siapkan mangkuk. Masukan makaroni rebus, daging asap yang telah dipotong, susu cair, 135 gr keju, telur, pala, lada, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
4. Olesi loyang dengan margarin, lalu masukan adonan dan taburi bagian atasnya dengan keju parut.
5. (Optional) Kukus adonan selama 15 menit, step ini boleh dilewati karena sebenarnya adonan bisa langsung dipanggang. Karena mengukus bertujuan mematangkan makaroni sedangkan memanggang berfungsi mengeluarkan aroma keju dari makaroninya. jangan lupa untuk melapisi tutup kukusan dengan serbet agar air tidak menetes ke adonan. Namun jika tidak memakai klakat tidak usah memakai serbet.
6. Taruh parutan keju diatas adonan lalu Panggang selama kurang lebih 45 menit dalam oven suhu 200 derajat celcius hingga matang berwarna coklat keemasan. waktunya panggang tidak terpatok harus 45 menit karena tergantung bahan dari alat. Jika ingin makaroninya lembut waktu panggang jangan terlalu lama karena proses memanggang menyebabkan tekstur semakin keras.
7. Makaroni panggang siap disajikan bersama saus sambal dan saus tomat

Kemarin pas buat itu ga dikukus dulu, jadi langsung masuk ke oven. Buat keju, garam, lada sih ga pake takaran. Secukupnya aja. Kalo rasanya masih kurang ya tinggal ditambahin sedikit demi sedikit.

Ini hasil jadinya. Dalam waktu 1 hari aja ud langsung habis sekejab dimakan sama keluarga. Menu ini kayanya cocok juga ya buat anak kecil hanya penggunaan garam dan lain-lainnya mungkin bisa dikurangin dikit yah.

Sumber : http://www.kulineri.com/2014/09/resep-mudah-membuat-makaroni-panggang.html

One thought on “Resep Makaroni Panggang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s