Balada Breastfeeding

Semasa hamil gw optimis banget mengenai breastfeeding alias per-asi-an. Ga bakalan tau kalo soal asi ini bisa jadi problem tersendiri. Dimulai dari pas gw abis melahirkan dimana asi gw blom keluar. Kata suster nya emang biasanya begitu dan bayi juga tahan 3-4 hari kok tanpa minum. Tapi liat anak nangis minta minum kan kita ga tega juga yah. Setelah hari ketiga, asi gw keluar tapi cuman sedikit. Setetes doank. Terus dapet kabar kalo anak gw bilirubin nya di atas normal. Solusinya ya kudu disinar selama 24 jam. Nah masalah baru muncul lagi. Gw ditelpon sama suster di ruang sinar, infoin kalo anak gw nangis kelaparan dan gw disuruh kasih asi atau pompa dulu. Pas ke sana akhirnya susuin bentar tapi ga tau yang keluar seberapa banyak kan. Terus beberapa saat kemudian gw coba pompa yang hasilnya cuman basahin pantat botol doank dikit. Karena gw ga bisa kasih yang cukup akhirnya gw sama Jali sepakat kasih susu formula buat anak gw dengan pertimbangan biar dia ga kelaparan selama disinar. Biarpun akhirnya kasih sufor, gw tetep pompa juga selama d rumah sakit. Hasilnya ya cuman sekitar 10-15 cc doank.

Begitu di rumah, kerjaan gw tiap pagi dan sore itu dipijit sama suster yang dulu kerja di bidan deket rumah gw, makan sayur katuk siang dan malam selama 2 minggu, minum obat pelancar asi dari dokter setiap hari. Hasilnya ? Kalo pompa maksimal dapet nya 30 cc doank. Sampe akhirnya gw eneg sama sayur katuk dan minta nyokap ga usah bikin lagi buat gw. Gw awalnya ud stress gara2 ga bisa kasih asi eksklusif akhirnya gw bawa santai aja sekarang. Biarpun tiap pompa ya dapetnya 30 cc aja tapi gw masih bersyukur asi nya masih bisa keluar walaupun ga sebanyak yang lain. Oh iya, masalah lain nya, posisi gw untuk nyusuin di awal2 minggu itu salah banget yang nyebabin gw kesakitan dan lecet. Bahkan sempat keluar darah sedikit. Akhirnya diresepin obat salep sama dokter dan gw akhirnya berkunjung ke klinik laktasi. Nyesel sih kenapa ga dari sebelum lahiran aja gw datang ke klinik laktasi. Diajarin posisi nyusu yang bener supaya ga sakit dan ga lecet dan diajarin juga cara pijat payudara sendiri. Sekarang gw ga mau terlalu bawa ke pikiran, daripada terlalu gw pikirin bisa2 asi gw malah makin ga keluar. Biarpun gw ga kasih asi eksklusif bukan berarti gw jadi ibu yang gagal lan? Secara menjadi ibu itu bukan cuma diliat dari kita kasih asi atau gak kan. Beruntung lingkungan sekitar gw mendukung banget. Jali juga ga maksain gw harus kasih asi, ga ngeluh juga kalo tiap minggu harus beli 1 kaleng sufor yang harganya lumayan. Nyokap gw yang dulu lancar kasih asi eksklusif buat anak2nya juga ga ngejudge gw. Kalo dia liat hasil pompaan/perasan gw cuman dikit, dia selalu bilang Puji Tuhan dapet segitu. Syukur pas cek ke dokter, berat badan anak gw bagus, di kisaran normal. Moga2 ke depannya, anak gw selalu sehat senantiasa.  Problem lainnya : Azka suka gumoh ! Sampe kadang harus ganti baju berkali2. Ud nanya ke dokter lagi dibilangnya gak kenapa2 soalnya berat badan dia naik. Yang harus dicurigain kalo berat badannya turun. Tapi jadinya ya agak ribet, harus pantau dia terus. Kalo tau2 mau keluar harus buru2 lap dan miringin badan dia deh.  Awal bulan depan bakal cek dokter lagi sekalian imunisasi, semoga berat badannya juga bagus deh!

10 thoughts on “Balada Breastfeeding

  1. Hai salam kenal 😊, azka sehabis minum susu disendawain ga ya? kalo suka gumoh, coba tidurnya dimiringin dan ditaro kepalanya lebih tinggi, jadi kayak ditidurin di atas bantal orang dewasa. Hope it helps..

    1. Hi salam kenal juga. Setiap abis minum pasti selalu disendawain kok. Bahkan bisa sendawa sampe 3x tetep aja itu gumoh. Itu posisi kepala pakai bantal orang dewasa jadi kepalanya aja ato sampe badan bagian mana nya ditaro d bantal juga? Emang gpp ya, soalnya ada yg bilang ga boleh takut napas nya kenapa2

      1. jadi baby nya tidur di atas bantal orang dewasa, dari kepala sampai kaki tidur di atas bantal orang dewasa, gpp kok asal jangan di himpit sama bantal2. yang penting posisi badan baby nya kepala lebih tinggi supaya ga gumoh. semoga membantu ya.

      2. Jadi posisi baby nya di atas bantal terus badannya dimiringin? Nanti dicoba kalau begitu. Thanks buat sarannya ya🙂

      3. habis minum susu boboin di atas bantal. sekitar 30-45 menit aja, habis itu pindahin ke kasur dimiringin. supaya susu nya yang habis diminum turun ke perut dulu. good luck sis 😊 kekenyangan juga bisa bikin baby jadi sering gumoh

  2. jayden juga ga asi eksklusif, dia dikasih sufor di rs… gara2 beratnya dibawah 2,5 kg… dan pas pertama kali mompa juga sama, cuma basahin pantat botol doang… cuma dokter laktasi gua bilang, hasil pompaan itu ga mencerminkan produksi asi kita… awal2 mompa emang dikit, tapi kalo dirutinin pasti banyak… gua juga awalnya stress, apalagi sempet salah posisi juga, dan lecet… ampe nangis2 hahahaha… cuma akhirnya ya dibawa santai aja… eh, sekarang uda 8 bulan masih asi hehehehe… semangat! yang penting mah anak kita sehat deh…

    1. Iya ini makanya masih rutinin mompa sama nyusuin langsung. Biar sedikit yang penting masih keluar deh. Seenggaknya ya masih dapet asi nya juga. Betul banget yang penting anak sehat dan berat nya normal. 😀

  3. Kenny dulu juga tukang gumoh cin. Malah bisa dibilang muntah kali. Karena volumenya ga dikit. Sampe umur berapa ya bgitu g ga inget sih. Dulu jg g worry gitu klo baca2 artikel kenapa baby sering gumoh, ada yg namanya flux reflex apalah gitu. Tapi ternyata bener kata sodara2 g, ntar udah gedean ilang sendiri. Cuma ya kitanya kan ngeri2 jg ya kalo pas gumoh, takutnya ada yg dirasa ga enak. Kenny tuh sampe kadang2 keluar lewat idung tau ga sih. Hahahaha.

    Soal asi, emang awal2 gitu kok cin. Hasil pompa cuma 5ml, 10ml. Udah semingguan cuma 30ml.
    Tapi emang segitu juga yg dibutuhin bayinya. Kan lambungnya masih kecil. Rajin2 nyusuin ato pompa aja biar hasilnya cuma sedikit juga, kenyotan bisa ngerangsang produksi asi. Hahahahah. Semangaaaaattt….

    1. Sama na gw juga baca2 soal reflux itu. Azka sama kaya Kenny, volume nya juga ga dikit, ud kaya air ngalir aja dan bisa beberapa kali. Dan yup, keluar juga dari hidung !

      Soal asi sampe sekarang pompa ya gw cuman maksimal dapet tuh 30ml padahal minum nya ud 90ml. Dan iya gw juga masih nyusuin kok buat rangsang. Thanks loh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s