Table Manner at Hotel Bidakara

Sabtu 2 minggu yang lalu, gw ikutan acara dari kantor yang berjudul Table Manner. Acara ini berlokasi di Lotus Restaurant, Hotel Bidakara. Kurang lebih ada 30 orang yang ikutan acara ini. Awal nya gw ber-4 sama teman2 ud sepakat buat ikutan acara ini. Sayang nya 2 teman gw ternyata berhalangan hadir, jadi akhirnya cuman ber-2 aja deh. Untung lah masih ada teman, karena gw kurang gaul di kantor jadi ga banyak yang kenal deh sama peserta kemarin itu.

Lotus Restaurant

Di ruangan sudah tersedia 7 meja,dimana masing2 meja hanya bisa diisi oleh 4 orang saja. Kalau ga salah ingat sih ke-7 meja ini terisi full semua. Berarti yang datang ya sekitar 28 orang lah.

Welcome Drink

Dapat minuman sebagai welcome drink. Bagus deh secara gw sama teman gw habis panas2an dari luar, dapat minuman yang seger kaya gini, mayan lahπŸ˜€

Acara dimulai sekitar jam 11-an. Ada sambutan dari pihak hotel Bidakara nya terlebih dulu & dilanjutkan dengan acara Table Manner nya deh. Sambil dijelaskan, kita sambil praktek makan nya juga. Banyak aturan ya ternyata, kalau acara fine dinning / gala dinner, makan juga ga bisa sembarangan. Bahkan dari cara duduk & cara berdiri aja ada aturan nya tersendiri. Takjub gw..

Bread

Sebelum mulai makan, kita disajikan roti. Roti ini akan selalu diisi ulang apabila piring roti kita sudah kosong,kecuali pas dessert. Cara makan nya juga ada cara tersendiri. Ambil butter yang sudah tersedia di meja dengan pisau yang di atas piring roti, belah sedikit roti nya, taruh sisa roti di piring, kemudian oleskan roti yang sudah dibelah dengan butter & langsung masukkan ke mulut. Roti nya empuk dan harum nya menggugah selera banget. Gw suka sama tekstur roti nya, lembut di mulut.

Fried Calamari with Cucumber & Apple Yoghurt

Untuk makanan pembuka, kita disajikan Fried Calamari with Cucumber & Apple Yoghurt. Cara makan nya, ambil pisau & garpu yang terletak di sisi paling luar. Cara megang pisau & garpunya juga ada aturan tersendiri. Kalau salah, langsung dibetulkan oleh waiter/waitress yang jaga2 di sekitar meja. Gw suka dengan appetizer nya. Calamari nya enak & apple yoghurt nya itu juga mantap bener rasa nya. Rasa apel nya benar2 dominan tapi tetap menghasilkan cita rasa yang seimbang. Top !

Pumpkin Soup with Coriander & Mushroom

Menu berikutnya adalah soup. Untuk ambil soup ini juga ada cara tersendiri. Dengan menggunakan sendok soup yang sudah tersedia di meja, ambil soup dari arah dalam (dekat dengan badan kita) & dorong ke luar. Jangan diseruput & ambil sedikit dari sendok Β (1/2 sendok). Untuk soup nya? Juara…manis nya pas, 1 mangkok ini pas untuk 1 porsi. Gw suka secara keseluruhan dengan soup ini.

Chicken Rotisserie with Grilled Vegetables & Mashed Potato

Untuk maincourse yang dihidangkan berupa ayam. 1 porsi terdiri dari paha ayam & dada ayam, sayuran & mashed potato. Saus yang digunakan adalah mushroom sauce, manis nya pas dengan potongan jamur yang mayan berlimpah. Daging ayam nya empuk dengan tingkat kematangan yang pas. Gw suka sama grilled vegetables nya yang ditata secara bertumpuk2. Mashed potato nya dibentuk mirip seperti kroket yang belum digoreng :p Lagi2 secara keseluruhan, menu ini sempurna bener buat gw.

Chocolate Cake with Mix Fruit Compote

Untuk dessert, kita mendapatkan chocolate cake. Perut sudah mulai kenyang, tapi siapa sih yang bisa menolak dessert ? Masih ada ruang tersedia lah kalau dikasih dessert…Cara makan dessert ini, menggunakan pisan & garpu yang sudah tersedia. Pisau digunakan untuk menahan bagian atas kue kemudian dorong / potong kue nya dengan garpu. Pas dicoba, wow chocolate cake nya sih enak juga. Rasa coklat nya ga terlalu manis tapi juga ga terlalu pahit. Pas di tengah2 lah. Di samping nya ada saus yang sedikit asam rasa nya, biar segar kali yah…terdapat juga potongan buah2an yang rasa nya juga segar semua. Menu yang cocok dijadikan penutup Table Manner hari itu.

Pas acara kemarin itu, ada yang bertanya, gimana kalau makan belum selesai tapi kita harus ke wc dulu? Cara nya supaya piring ga diangkat sama waiter/waitress, yaitu dengan menyilangkan garpu & pisau nya di atas piring. Β Garpu dimiringkan serong kanan di kiri piring, pisau di sebelah kanan, serong ke kiri, tapi disilangkan nya jangan sampai membentuk huruf X yah. Terus kalau sudah selesai, garpu dan pisau dijejerkan di sebelah kanan piring dan dimiringkan ke arah kiri. Kalau ud dalam posisi itu, piring pasti akan segera diangkat. Kalau mau menggunakan tusuk gigi gimana ? Cara nya gampang, tinggal minta ke waiter/waitress terdekat kalau kita mau minta tusuk gigi, setelah dapat, kita permisi sama teman semeja & pakailah tusuk gigi itu di toilet. Kalau ada tulang yang mau dibuang gimana ? Gampang juga…tinggal buang tulang ke napkin yang sudah tersedia, terus lipat napkin, panggil waiter/waitress dan minta tukar dengan napkin yang baru.

Acara ini berguna banget buat gw. Dapet makan enak tapi nambah ilmu baru. Dan makanan2 ini dihidangkan oleh Chef Buyung Radiansyah selaku Executive Chef Bidakara, yang sudah memenangkan acara masak 10x berturut2. Ga perlu diragukan lagi ya kemampuan nya & gw beruntung banget bisa cobain masakan kreasi dia. Sehabis acara gw & teman gw pulang dengan perut kenyang & puas.

 

One thought on “Table Manner at Hotel Bidakara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s