Cooking Experience with Chef Bara

Minggu lalu gw menghadiri acara Cooking Experience with Chef Bara dengan tema Asli Cabe Ijo. Acara ini berlangsung di Jakarta Culinary Center Senayan yang diselenggarakan oleh Indomie serta Ogilvy & Mather dan dihadiri oleh berbagai macam blogger. Setelah dijelaskan sekilas mengenai acara hari itu, langsung deh kita menyaksikan demo masak dari Chef Bara. Sesuai dengan tema nya Asli Cabe Ijo, makanan yang akan dimasak tentunya menggunakan bahan Cabe Ijo.

Chef Bara

Sambil masak, Chef Bara juga memberikan informasi yang berguna buat kita. Masakan yang akan dimasak adalah Kakap Goreng Kuah Santan Cabe Ijo dan sambal dabu2. Ikan yang digunakan Chef Bara saat itu adalah dory. Ikan apa aja bisa digunakan untuk masakan ini, asal ikan yang daging nya putih sehingga ga hancur kalo  digoreng tepung. Untuk saos santan cabe ijo nya sendiri,jangan berpatok pada takaran di resep. Coba saos nya sedikit demi sedikit. Kalau ada yang kurang tambahin pelan2 sampai rasanya pas. Yang utama, rasanya harus imbang antara manis, asin, pedas, asam.

Kakap Goreng Kuah Santan Saus Cabe Ijo by Chef Bara

Ini hasil kreasi Chef Bara. Saos Cabe Ijo nya menggugah selera bener. Warna & kekentalan nya bagus banget. Pas dicoba rasa nya juga enak, nendang rasa pedasnya tapi juga berasa asam dari nipis nya. Perfect !

Setelah kita melihat demo masak dari Chef Bara, selanjutnya gantian kita yang mengkreasi ulang kakap goreng nya dalam 1 team yang terdiri dari 2 orang dengan batas waktu 1 jam. Saat itu gw 1 team dengan Selba dari Selby’s Food Corner. Kalau soal urusan masak memasak, gw ga PD banget. Ga pernah masak di rumah, ga pernah bantuin nyokap. Yang gw tau cuman makan aja..makanya deg2an juga kemarin ini haha.

Our table
Ingredients
Kakap

Di masing2 meja sudah tersedia bahan2 yang diperlukan untuk membuat ulang Kakap Saos Santan Cabe Ijo nya. Karena waktu yang dikasih hanya 1 jam, akhirnya bagi tugas deh. Selba buat bumbu, gw goreng ikan nya. Yang gw takut cuman 1, ikan nya matang atau gak.

Kakap digoreng
Saos Dimasak

Suasananya seru abis. Pas ud selesai goreng kakap, lanjut deh motong2 bahan buat sambal dabu2nya. Ga kerasa, waktu ud mau 1 jam loh….langsung deh siap2in bahan di piring terus ditata & beresin meja. Ini nih hasilnya

Kakap Cabe Ijo

Ini kreasi gw & Selba, Kakap Cabe Ijo. Bangga gw bisa menyelesaikan kreasi kita ini. Dan setelah semua selesai, mulai deh Chef Bara mampir ke meja satu persatu buat cobain hasil masakan kita. Sebelumnya gw ud coba saos nya dulu, rasanya mild ga terlalu pedas tapi enak kok 😀 Yang bikin gw deg2an itu pada saat ikannya dicobain, takut ga mateng. Untung nya mateng nya pas ! Lega abis….

Setelah coba semua hasil kreasi para peserta, ditentukan 1 pemenang yaitu teamnya Arie Parikesit dari Kelana Rasa & Jajalable karena menurut Chef Bara, masakan mereka yang paling balance rasanya. Ada beberapa team yang rasa nya terlalu asam, asin dsb. Yang dicari itu yang rasanya seimbang. Pemenang masing2 mendapatkan voucher MAP sebesar 500rb! Wow..mayan banget kan?? Bisa buat belanja!!

Acara dilanjutkan dengan demo pembuatan Pandan Pannacotta. Untuk dessert pun dibuat yang berwarna hijau juga, sesuai dengan tema hari itu, Asli Cabe Ijo :p

Pandan Pannacotta with Chocolate Sauce & Jackfruit

Masing2 dari kita berkesempatan untuk mencicipi Pandan Pannacotta nya. Diatas nya diberi saus coklat dengan potongan buah nangka. Pas dicoba rasa nya lembut bener pannacotta nya. Berasa aroma pandan nya. Saus coklat & buah nangka cocok dijadikan pelengkap pannacotta nya. Yum !

Gw menikmati banget acara siang itu, memperluas wawasan gw & jadi tambah ilmu juga. Ga nyesel banget deh datang ke acara ini. Thanks to Indomie, Ogilvy & Mather serta Chef Bara untuk acara Asli Cabe Ijo nya. Semoga bisa bertemu kembali di lain kesempatan

 

 

4 Comments Add yours

  1. Adelheid says:

    ngomong2 gw punya Indomie cabe ijo sebungkus cindeee…
    belum gw coba & gw sayang2 mau makan huhuhu…
    btw gw demen loh liat chef bara ini waktu gw nonton tipi di diindo… soalnya dia masaknya tu ngga pake njelimet tapi hasilnya ngga keliatan biasa2. Itu ikan masakan lu terlihat cakep ntar boleh masakkin buat gw ya hahahaha

    1. urukyu says:

      coba aja nge..kalo gw sih lebih suka indomie goreng pedas hehe…….

      tar chef bara ada acara masak baru lagi di tv tuh…..cakep ya ikan gw???? asli deg2an abis takut ga mateng, secara baru pertama kali masak beginian *pengakuan dosa*

  2. Susanti says:

    mangstap cin! hahaha gue jugaaa balik sincia kemaren beli indomie cabe ijo. belom dicobain sih, enak ya? beli itu karena laki gue iseng aje pengen cobain.

    bikin masakan ikannya gimana say? kayaknya enak bener loh!

    1. urukyu says:

      gw sih lebih suka indomie goreng pedas san dibanding cabe ijo ini….masakan ikan nya gampang kok…dan emang enak. tar gw emailin aja yee resep nya

Leave a comment