Chinese New Year 2013

Seperti biasa tiap Imlek-an, nyokap gw selalu sibuk masak buat keluarga besar gw. Karena nyokap anak paling tua, otomatis keluarga besar berkumpul di rumah gw semua. Untuk malam imlek & pas hari imlek nya, menu makanan nya mirip2 hanya saja pas hari H nya, variasi nya lebih banyak dibanding malam sebelumnya.

Ini nih beberapa menu yang dihidangkan di hari raya Imlek kemarin Minggu.

Mie Hokkien

Menu mie wajib ada pas Imlek. Menurut kepercayaan, kalau makan mie itu bisa panjang umur. Makanya setiap ada yang ulang tahun, mie juga salah 1 makanan yang wajib ada. Buatan nyokap gw ini enak bener. Bisa dibuat halal atau non halal. Kalo yang gambar di atas, dibuat secara non halal. Pakai minyak babi terus pakai daging babi juga..terus dicampur sayur2, jamur, ati ampela, bakso sapi, udang serta telur. Lengkap bener isinya yah..

Babi Kecap

Hidangan selanjutnya adalah Babi Kecap..yang berisi daging babi & kaki babi kemudian dimasak dengan kuah kecap. Gw ga makan menu yang 1 ini. Entah kenapa, kurang suka dengan daging babi yang dikuah kecap. Tapi hidangan 1 ini laris manis dimakan sama keluarga gw.

Ngohiang

Makanan selanjutnya adalah Ngohiang. Terdiri dari campuran sayur, daging babi & udang yang kemudian dilapisi dengan kulit ngohiang. Buatan nyokap gw merupakan salah satu ngohiang terenak. Dijamin deh ! Oh iya, buat yang halal, daging babi nya biasa ditukar dengan daging ayam sama nyokap gw.

Capcay

Menu Capcay juga merupakan hidangan wajib di keluarga gw. Capcay terdiri dari berbagai jenis sayur, jamur, bakso, ati ampela & daging. Khusus Imlek, ditambahkan Kekian sama nyokap gw. Kekian nya sendiri terbuat dari campuran daging babi & udang. Biasanya Kekian disisihkan sedikit untuk adik gw sebelum dicampur ke capcay nya. Makan Kekian terpisah dari Capcay enak juga. Apalagi pas masih panas2nya, masih berasa garing dari kulitnya.

Pindang Bandeng

Pindang Bandeng juga merupakan salah satu menu wajib kalo buat Imlek. Kalo Pindang Bandeng, ini kesukaan adek gw. Yang makan paling banyak pasti dia. Bandeng nya biar empuk dipresto dulu sama nyokap gw.

Bakut Goreng

Menu juara di hari raya Imlek, Bakut Goreng. Nyokap beli bakut sebanyak 3kg & ludes dimakan sama keluarga gw. Bakut Goreng ini cuman dimasak setahun sekali aja sama nyokap gw, ya pas hari raya Imlek. Ini makanan yang ditunggu2 sama sepupu gw. Saking doyan nya bisa ambil 4-5 buat dimakan. Bahkan diambil lagi buat digado. Pas acara selesai, ini bakut juga ud ludes ga ada sisa. Laku berat deh di antara keluarga gw.

Buat yang merayakan Tahun Baru Cina, biasanya pada makan apa nih?? Pasti nya beda2 yah, tergantung tradisi keluarga๐Ÿ™‚ Yang pasti selalu senang kalau bisa berkumpul sama keluarga.

 

7 thoughts on “Chinese New Year 2013

  1. nyokap lu kayanya bisa buka resto, cinnnnn..
    bakut gorengnya sepertinya enak
    dan rajin sekali deh bikin ngohiang, biasa mah orang tinggal beli jadi..
    pantes anaknya juga suka makan, emaknye jago masak..hahahahhahaha

    1. bakut goreng nya juara emang na…..itu paling laris diantara keluarga gw. sepupu gw aja makan 4! haha…..

      kalo ngohiang iya emang dari dulu demennya bikin sendiri, paling beli kulit nya aja kan๐Ÿ™‚ sayang aja nih, anaknya jago makan doank tapi ga jago masak hihi

Leave a Reply

