JCF 2012 Closing Dinner

Akhir Oktober kemarin dalam rangka penutupan Jakarta Culinary Festival 2012 yang sudah diselenggarakan selama sebulan, diadakan closing event di Pop Up Resto yang berlokasi di Grand Indonesia Lantai 5 dengan tema ‘Eat, Drink & Donate’ Charity Dinner

Pop Up Resto

Beberapa blogger diundang untuk menghadiri closing dinner ini untuk mencicipi hidangan yang akan disajikan oleh 7 chef ternama di Indonesia. Pas baru dateng, dikasih welcome drink bernama Orange Marmalade.

Orange Marmalade

Sebagai welcome drink, dikasih Orange Marmalade yang terdapat campuran vodka & ginger. Rasa nya sih enak, berasa ginger nya. Abis minum 1 gelas ini, muka gw langsung berasa panas nya >.<

Menu

Di setiap meja, sudah disediakan keterangan menu yang akan dihidangkan oleh masing2 chef beserta sedikit profil dari 7 chef tersebut.

Cold Appetizer by Hugo Adrian (Blowfish)
Tuna Carpaccio with Okinawa Sauce & Daikon Salad

Ini menu pertama yang dihidangkan. Gw suka sama tuna nya, fresh ! Okinawa Sauce nya cocok disajikan dengan tuna nya.

Cape Discovery Rose 2011

Untuk menu ini, tersedia wine pairing yaituΒ Cape Discovery Rose 2011.Β Wine pairing ini disediakan oleh Yohan Handoyo dari Dimatique International. Gw jarang minum wine, tapi gw suka sama wine yang 1 ini, rasanya ringan & manis. Cocok untuk menemani Tuna Carpaccio nya

Hot Appetizer by Arimbi Nimpuno (Lifestyle Studio & Arimbi Kitchen)
Grilled King Prawn with Green Curry Espuma

Menu kedua yang dihidangkan diberi nama Grilled King Prawn. Pas dateng, bingung juga sih, setau gw king prawn udang nya kan mayan besar yah? Tapi yang datang udang dengan porsi biasa & agak kurang mengerti kenapa harus disajikan dengan potongan kerupuk kampung. Untuk menu ini, udang nya menurut gw sih biasa aja yang jadi juara di hidangan ini adalah green curry espuma nya. Aroma curry nya wangi, bumbu berasa & lumayan spicy.

Cape Discovery Sauvignon Blanc 2011

Wine ini dihidangkan bersamaan dengan hot appetizer. Gw bukan ahli wine, jadi buat gw rasa nya mirip2 aja hihi….

Soup by Sandra Djohan (Epilogue)
Pumpkin Soup with Foie Gras

Menu berikutnya yaitu soup yang dibuat oleh Sandra Djohan. Pas datang, tampilan sup nya cantik bener dengan foie gras yang tertata rapi di tengah2 soup nya. Pas dicoba, rasa nya pas banget buat gw. Dari manis nya & gurih nya menurut gw ud pas bener. Di soup ini juga dihidangkan foie gras (hati angsa). Baru kemarin itu gw cobain foie gras. Ya ampun, lembut bangettt, seperti meleleh di dalam mulut. Perfect !

Pasta by Gianfranco Beltrame (Kempinski)
Ravioli Stuffed with Cepe Mushroom & Yellow Pepper Sauce

Untuk menu pasta, dihidangkan ravioli yang berisi cincangan jamur. Pasta di piring gw, tingkat kematangan nya pas, ga kelembekan. Gw kurang suka dengan yellow pepper sauce nya. Menurut gw agak aneh, cuman ya ini tergantung selera lah ya…

Montes Limited Selection Sauvignon Blanc 2010

Untuk menu pasta, tersedia wine pairing lagi. Kali ini yang dihidangkan adalah Montes Limited Selection Sauvignon Blanc. Gw ud ga ngerti beda nya dimana, karena bagi gw rasa nya sama aja. Maaf ya..karena emang ga ngerti soal wine2an ini >.<

Fish by Gilles Marx (AMUZ)
Steamed Fega Barramundi, Ginger Scented Rice & Lime-Coconut Sauce

Untuk menu ikan, dihidangkan oleh Gilles Marx. Tadi nya berharap ikan nya akan dihidangkan ala masakan Perancis. Pas menu nya datang, ternyata Asia sekali yah..Gw suka sama ikan nya, lembut & ga bau amis, cocok dimakan dengan nasi nya yang rasanya mirip dengan nasi uduk.

Vina Ventisquero Grey Chardonnay 2010

Bersamaan dengan menu ikan yang dihidangkan, disajikan pula Vina Ventisquero Grey Chardonnay 2010 sebagai wine pairing. Karena ga bisa bedain rasa wine, ya menurut gw sama2 aja seperti yang sudah disajikan sebelumnya.

Palate Cleanser by Ismaya Catering
Orange Granita with Lemon Sorbet

Palate Cleanser ini seharusnya dihidangkan sebelum menu daging. Tapi pas di meja gw sih palate cleanser ini dihidangkan justru setelah menu daging. Jadi hampir bersamaan dengan menu dessert. Rasa lemon nya mendominasi bener mayan seger sebagai penetral mulut. Sayang datang nya telat.

Meat by Vindex Tengker (The Dharmawangsa)
Roasted Bultarra Saltbush Lamb Shoulder Rack with Mustard & Taragon,Radish Agnoloti,Salsa Verde & Cepes Jus

Sebelum acara dimulai, pas liat2 list menu nya, gw berharap bener untuk menu daging tuh yang dihidangkan kalau ga sapi ya chicken. Ternyata harapan gw ga didengar. Menu yang disajikan malah…lamb, menu yang gw ga suka & kalo bisa selalu gw hindari. Apa daya huhu…ud diem aja de gw pas menu ini dateng. Gw cuman coba 1-2 suap aja. Daging nya sih empuk, gampang banget dipotong. Sayang gw emang dasar nya ga suka, mau diapain aja juga ga suka. Tapi temen2 gw menikmati banget menu yang 1 ini. Karena gw ga makan lagi, akhirnya temen gw nanya boleh dia makan gak? Dengan senang hati deh gw kasih ke dia. Ternyata pas dia makan, dia bilang kalo daging yang di piring gw ini masih berasa bau nya. Yah emang dasar nya aja gw ga boleh makan ya, ud ga demen, eh dapet yang bau. Nasib deh :p Buat yang suka sih, menu ini juara deh nampaknya. Buat gw ? Skip aja dehπŸ™‚

Kaiken Ultra Malbec 2010

Wine terakhir yang disajikan berupa red wine. Setelah mencicipi beberapa jenis wine, bisa disimpulkan kalau gw lebih menikmati white wine dibanding red wine, karena rasa nya lebih ringan kali yah ?

Dessert by Steve Diaz (Colette & Lola)
Golden Hazelnut Praline, served with Amaretto Nougatine Ice Cream

Menu dessert disiapkan oleh Steve Diaz dari Colette & Lola. Buat gw, dessert 1 ini merupakan penutup yang pas banget! Hazelnut Praline nya sempurna banget buat gw, cocok disajikan dengan eskrim nya. Oh iya eskrim nya ada kandungan alkohol nya juga yah. Di bawah eskrim nya ada semacam biskuit (ga tau namanya) itu juga sempurna rasa nya buat gw. Di piring ini semuanya ga ada yang ga enak buat gw. Menu juara bener di malam itu.

Setelah kurang lebih 4 jam, acara berakhir juga. Dengan closing dinner ini, berakhir pula acara Jakarta Culinary Festival di tahun ini. Terima kasih untuk Ismaya & Goorme.

Sampai berjumpa lagi di JCF 2014 !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s