Lagi Lagi Penipuan !

Hari ini gw libur dari kantor. Pertama sih gw jaga rumah karena rumah kosong, nyokap gw ada acara pagi di gereja, baru pulang siang pas jam makan. Nah tadi tuh….ada kejadian ga mengenakan di rumah gw. Bener2 ga enak abis !

Ada oknum yang telpon ke rumah gw, nanya apa ini rumah S (adek gw), nyokap gw yang angkat & gw lagi asik internetan di kamar. Jelas nyokap bilang iya donk. Kejadian selanjut nya, nyokap teriak histeris manggil nama adek gw “Kamu kenapa , S? Kok bisa gitu?”

Denger teriakan nyokap, jelas gw kaget lah. Langsung gw keluar kamar, gw pikir adek gw kecelakaan ato gimana. Terus ternyata adek gw kata nya ditangkap polisi karena kasus narkoba bersama 2 orang teman nya. Ud gitu kalo mau adek gw pulang dengan selamat (alias ga dipenjara), nyokap gw harus transfer uang sebanyak 50 juta.

Gw, mau ngomong sama si oknum, ga dikasih sama nyokap gw. Bahkan nyokap gw kasih no HP nya dia ke orang itu. Telpon rumah ditutup, lanjut deh telpon ke HP. Inti nya orang itu suruh nyokap gw transfer sejumlah uang. Ga 50 juta gpp, tapi uang muka aja dulu sebesar 5 juta. Dari sini gw ud merasa aneh. Kalo emang adek gw tertangkap polisi, bukan nya polisi datang ke rumah ya kasih surat penangkapan ? Atau paling gak, kita yang disuruh datang ke kantor polisi langsung ? Ga ngerti juga sih prosedur nya gimana.

Nyokap gw ud ketar ketir, minta gw temenin dia ke bank. Dia masih aja nelp2 sama tuh orang, si orang itu kasih no rekening nya dia. Suruh nyokap gw transfer, dia baru mau tutup telpon begitu nyokap ud transfer 5 juta itu ke rekening nya dia. Gw masih santai2 di dalam rumah, sedangkan nyokap ud di jalan. Gw telp adek gw si S donk, 2x gw telpon. Ga  aktif aja gitu HP nya. Dan nyokap bersikeras kalo tadi suara adek gw pas pertama di telpon.

Gw mau ambil HP dari nyokap, ga dikasih. Gw kan ga percaya adek gw kaya gitu. Gw tau adek gw orang nya kaya apa. Dia lagi skripsi, ga mungkin dia melakukan perbuatan setolol itu! Nyokap masih ngotot harus ke ATM. Puji Tuhan, tante gw pulang di saat yang pas. Gw ceritain ke tante gw, tante gw mau ambil HP nya juga ga dikasih sama nyokap gw. Akhir nya tante gw doain & pas tante gw doain gw telpon bokap gw donk.

Bokap juga bilang kalo nyokap ditipu. Bokap mau ngomong sama nyokap, tapi nyokap gw ga mau. Akhir nya setelah gw paksa, nyokap mau ngomong sama bokap, HP diambil sama tante gw & ternyata HP nya ud mati.

Ga lama, tuh orang nelpon lagi ke rumah gw. Saat itu gw yang angkat. Orang itu nanya “Mana si ibu?” terus gw bilang “Saya mau ngomong dulu sama S”, si orang itu bilang “Kamu kakak nya? Si S ada nih di belakang saya”, gw jawab aja, “iya saya mau ngomong dulu”. Langsung deh ada orang lain yang jawab “Halo..tologin donk”

Hey! Gw tau suara adek gw yee..emang nya gw setolol itu apa? Suara nya jelas2 beda banget sama adek gw. Akhir nya gw bilang ke orang itu “Kalo loe adek gw, nama gw siapa?” Dia diem. Telpon langsung diputus. See ?????

Akhir nya gw telpon tempat kerja adek gw (baru kepikiran), gw nanya ada adek gw ga? Ternyata ada ! Dan gw ceritain aja ke adek gw. Terus adek gw ngomong sama nyokap gw. Nyokap gw nangis2, dan langsung lemes gitu. Dan aneh nya lagi, HP adek gw nyala tuh, tapi kita ga bisa hubungin dia.

Nyokap gw terkena hipnotis, dan ini kejadian ke-2x setelah sebelum nya bokap gw yang kena penipuan dari telkom yang kata nya dapat motor mio tapi harus transfer juga. Dan untung nya dulu bokap gw nelpon gw. Cuman kalo sekarang, nyokap gw bener2 diem nurut sama orang itu.

Yang ud mencurigakan, orang itu sempet nanya ke nyokap ada siapa di rumah, dia bilang ada kakak nya si S. Terus orang itu bilang, jangan kasih tau kakak nya. Diem2 aja. Lah ini ud bukti kan kalo emang mau nipu ? Dan kebetulan nyokap gw lagi dalam kondisi cape, maka nya gampang kehasut / kena hipnotis gitu.

Akhir nya gw telpon bokap gw lagi kasih tau kalo masalah nya ud beres. Karena abis gw tanya nama gw siapa kalo dia emang adek gw, abis itu ga ada telpon lagi dari orang itu. Langsung deh gw kasin no HP orang itu ke bokap gw, biar bisa diurusin ke polisi. Masalah nya no telpon kan gampang diganti ya. Dan gw yakin, ga berhasil dapet duit dari keluarga gw, dia cari mangsa di tempat lain.

Gw lega banget keluarga gw masih dikasih perlindungan. Dan mungkin emang gw harus libur ya, jadi nyokap ga sendirian di rumah. Secara kalo sendiri & ud kena kaya gitu, bisa nekat aja kan dia transfer duit ke orang itu ?

20 thoughts on “Lagi Lagi Penipuan !

  1. baru kali ini sih. kalo dulu itu bokap gw yg hampir kena. cuman beda nya bokap gw masih nanya gw dulu, nyokap gw ambil keputusan sendiri & panik nyuruh2 gw temenin dia ke ATM.

  2. tapi gw deg2an juga loh fan, abis nyak gw ud panik & gw ga tau versi jelas nya gimana kan. cuman dari cerita nyak gw doank😦 untung banget ya fan T_____________________T

  3. iya gue langsung ngebayangin kalo nyokap gue yang panik dan gue tau banget dia gimana kalo panik.. yang panik banget gitu.. namanya nyokap denger anaknya kenapa2 pasti uda ga kepikiran apa2 lagi yah.. gue bacanya juga deg2an cin..

    1. Makanya fan….gw juga ngerti gimana nyokap gw kalo panik😦 gw aja td deg2an fan. Gw telp bokap gw aja sampe gemeter gitu. Untungnya gw sama tante gw masih bisa pikir. Coba kalo panik semua,gawat kan😦

  4. aduuuh..ada2 aja ya..
    emak gue juga klo kaya gini2 pasti panik.
    klo bokap baru ga mempan..bokap gue reman (-_-)

    gue turunan nyokap nih..musti hati2 banget..
    sialnya klo dah kaget, jadi gampang kehipnotis.

    lu ga masuk kantor brarti udah ada yg ngatur tuh cin…hoki..
    waktu itu juga tuh, yg kompor rmh gue kebakar, klo g ga ada dirumah nyium bau asep, pada ga nyadar klo kebakaran..

    1. Iya naaa kalo ud kaget,panik,takut gampang banget kehipnotis ya😦

      Kalo bokap gw yg terima telp,dia pasti ga bakal mau bayar na. Pasti bakal bilang ke orgnya, ya ud biarin aja dpenjara biar bisa belajar.

      Beneran ya emang ud diatur gw libur ni hari,shock juga sih gw. Td gw gemeter juga loh….parah abis!

    1. Iya makanya😦 soalnya kan ade gw pagi pamitnya kuliah abis itu kerja part time. Dapet kabar begitu kan jd panik yah….loe kasihtau aja ke org rumah, biar ga kena juga kaya gini😦 + bonyok harus tau no telp yg bisa dihubungin, kalo HP ga bisa.

  5. Bokapnya tmn sdr gw kena tuh..dan dy bener2 dah trf 5jt ckckck.. kebetulan ga ada dirumah dan bener2 orang ga ada jadi kena dah ke transfer. Parah bener deh pokoknya…blgnya juga sama tuh anaknya ditangkap polisi krn narkoba dan ga bisa ditelp hpnya memang.

  6. @nick : wah kasian banget kena begitu😦 moga2 ga ada lagi deh yang kena ya, jahat banget deh tuh orang, mainin psikologis nya korban. nama nya juga orang tua, kalo anak nya kenapa2 ya kaget lah ya. lagi musim ya kaya nya penipuan kaya gini. kemaren gw nanya adek gw, kebetulan operator hp nya dia lagi error jaringan nya sampe sore. dia malam baru bisa aktif tuh HP nya😦 kebetulan banget ya kaya begitu

  7. Wedew…serem banget cin. Motifnya mirip ama yg populer bbrp tahun lalu di JPN. Targetnya sih kakek nenek gt. Jadi bilangnya Ore ore[saya saya] gitu, buat mancing org sononya ngomong nama si anak ntar baru dia bilang butuh duit gt.
    Klo terima telp org ga dikenal, pokoknya jgn pernah kasih data pribadi deh. Jadi klo dia tanya ini dengan siapa, minta no telp dll, kita harus tanya balik dulu mereka siapa & mereka aja yg kasih no telp biar kita yg telp gt.. Ama jangan sebut nama anggota keluarga yg laen…
    Motif yg terbaru ga pake transfer, tp bilangnya kartu kredit bermasalah(ngakunya org bank), jd bakal dateng minjem CC buat dituker, pdhl sih dirampok hohoho….

    Tapi Thank God ga kenapa-kenapa ya cin…. Mgkn sementara jgn diungkit2 lagi ke nyokap, takutnya malah stress… Jd yg lalu biarlah berlalu🙂

  8. nah….maka nya nyak gw bilang yang ditelp sebut nama adek gw. tapi pas gw denger gitu, nyak gw ngomong nama adek gw, kuliah dmana. duhhhh serem abis. bisa sampe nurut begitu pula.

    gak kok, ga diomongin lagi. cuman kemaren gw akhir nya tempel di kaca deket telp tuh no telp kantor masing2 anak nya. jadi kalo ada apa2, crosscheck dulu ke kantor. moga2 ga kejadian lagi deh😦

    btw kata kakak gw, ternyata semalem sebelon kejadian, pagi2 buta gitu ada yg nelp ke rumah juga. sekitar jam 2 pagi. bilang “pa, tolong aku di kantor polisi” terus kakak gw kan tau, adek gw dua2nya di kamar atas sedangkan gw ud tidur. lahhh anak yang mana lagi ??? gara2 ketauan kaya gitu, terus ditutup deh. ud gitu adek2 gw juga bilang, ud beberapa malam ini emang ada yg telp ke rumah gitu pagi2 buta. gw ga tau de apa mereka ud ngincer ato gimana nge😦 bantu doa aja ya biar ga ada masalah kaya gini lagi hiks

    1. Ic2…. Iya semoga ga ada lagi deh dan kalau emang khawatir, setiap ada yg telp2 minta transfer gt mending harus seijin bokap atau siapa gt. Jadi harus ada 2 pihak yg tau buat sekedar crosscheck.

      1. Iya bokap gw juga bilang gitu. Kemaren dia bilang ke nyokap gw, ade gw kan anaknya dia juga. Kalo emang ada apa2 harus cerita,jangan disimpen sendiri + ambil keputusan sendiri. Kalo bokap gw masih bisa pikir rasional lah. Kalo nyokap kan denger anaknya kenapa2 ud langsung panik😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s