Citron Pu Erh Tea Cupping

Hari ini ikut acara Tea Cupping di Gandaria City. Acara tepat nya berlangsung di Eat & Eat Gandaria City, di Bamboo Park Tea House. Acara nya itu jam 12 siang. Gw dateng jam 12 pas. Untung nya acara blon dimulai. Isi buku tamu dulu terus dapet buku pedoman tentang Citrus Phu Erl Tea ini deh. Gw ini demen banget minum teh, biarpun kalo dtanya jenis2 teh apa aja yang pernah gw minum, gw ga bisa bedain. Paling banter gw tau kok green tea yang mana😀 katro katro deh gw :p

Buku Pedoman

Di buku ini terdapat sejarah bagaimana tercipta nya citron pu erh tea. Alkisah ada seseorang yang bernama Lo Tien Zhe yang merupakan salah satu pejabat yang bertugas di Yunan. Setelah pensiun, dia pulang kampung dengan membawa banyak teh Phu Erl yang sangat dia sukain. Sewaktu dalam perjalanan pulang, dia terserang sakit. Setiba nya di rumah, istri nya merebus kulit jeruk Chen Pi dalam teko untuk sang suami. Karena Lo Tien Zhe mengira air yang direbus istri nya itu air biasa, maka dia pakai air itu untuk menyeduh teh phu erl. Ternyata pas diminum, aroma nya sudah bercampur dengan aroma jeruk sehingga menjadikan teh ini lebih segar, nikmat & melegakan tenggorokan. Gitu deh sejarah nya.

Penataan Meja

Oh iya di meja itu sudah disediakan cangkir teh, 1 dus citron phu erh tea (boleh dibawa pulang) & makanan manis seperti green tea mochi & crystal mooncake berisi kacang.

Pu Erh Tea

Untuk pembuatan citron phu erh tea ini, daun nya dipetik saat masih hijau. Terus jeruk chen pi yang dipakai, akan dikeluarkan isi nya sampai tersisa kulitnya saja yang kemudian diisi dengan teh terus dilakukan proses pengeringan deh. Teh ini bagus untuk menurunkan kolestrol.

Penjelasan Mengenai Teh

Pembicara nya Bu Swany (ga tau ejaannya), sedang menjelaskan asal usul Citron Pu Erh Tea ini. Dari mana asal usul nya, seperti yang sudah dijelaskan di buku pedoman itu. Terus diinformasikan juga kalo sebelum minum teh itu, disarankan untuk makan sesuatu yang manis terlebih dulu supaya perut tidak terserang gas yang bisa menyerang maag. Wow, gw baru tau loh. Selama ini kan minum ya minum aja.

Demo Cara Penyeduhan Teh

Untuk teh ini jangan diseduh di teko atau tanah liat. Tapi harus diseduh di wadah keramik atau kaca supaya bau citron nya itu tidak terserap ke elemen teko/tanah liat itu. Kalo tadi pas demo sih pake gelas keramik ya…jadi masukkan isi teh jeruk ke dalam wadah, seduh dengan air mendidih  terus diamkan selama 5 detik. Kemudian buang air seduhan. Terus seduh kembali teh & diamkan selama 20 detik, baru deh bisa diminum. Untuk 1 wadah ini dapat diseduh ulang sebanyak 3x.

Manisan

Sebelum minum teh nya mari kita makan manisan terlebih dulu. Pertama gw makan yang paling kanan terlebih dulu, mooncake nya. Enak euy….suka gw sama mooncake nya. Terus bagian kiri itu green tea mochi nya, yang tengah itu kacang nya. Nanti mochi nya dibalur dengan kacang itu, enak juga loh….ud abis, baru deh kita nikmatin teh nya :p

Citron Pu Erh Tea

Supaya wangi jeruk nya bisa terasa, suhu air harus tepat, yaitu air mendidih. Pas gw coba, aroma jeruk nya sih samar2 terasa ya, karena ud mengalami perubahan suhu, jadi ga terlalu keluar lagi aroma nya. Jujur ya, baru kali ini gw coba Pu Erh Tea. Rasa nya beda sama teh cina yang pernah gw cobain. Minuman ini berkhasiat juga loh untuk menyembuhkan penyakit seperti flu, batuk & bisa juga menurunkan kolestrol.

Citron Pu Erh Tea

Sambil menikmati minum teh, diedarkan juga bentuk dari citron pu erh tea ini. Dari no.1 itu, citron pu erh tea nya yang ud dibuka kemasan nya. No 2 itu pu erh tea nya. No 3 itu citron pu erh tea hasil gagal, beda dari aroma wangi nya & ada jamur juga disitu. Untuk no 4 itu sebelon dibuka packaging nya🙂

Oh iya, di acara tadi, ada Pak Bondan Winarno & Pak William Wongso juga loh. Gw duduk 1 meja sama mereka hihi, mau minta foto bareng, malu😦 dan sekarang gw nyesel abis !!!

Acara nya berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Selesai acara kita bisa langsung menuju kedai teh nya, kalau mau beli2 teh yang lain. Terus disitu juga dijual perlengkapan untuk menyeduh teh. Kaya tadi di foto atas, ada gelas kaca gitu kan ?? Itu praktis banget loh. Buat nyeduh teh, daun teh nya itu ditaro d dasar gelas, terus isi air tunggu sampai air berubah warna, terus bagian dalam gelas diangkat deh. Langsung deh daun teh nya juga keangkat. Jadi di dasar nya itu ada saringan nya lagi. Keren deh. Harga nya 150rb tuh 1 gelas itu. Pengen beli cuman mikir2 dulu😦

Terus terus pas gw follow twitter nya @1teahouse, ga lama dapet email yang menyebutkan kalo gw boleh pilih 2 variant tea sebagai hadiah hihi….karena bingung gw pilih ini deh…

Gratisan Passion Fruit & Darjeeling

Ga sabar mau coba teh2 ini…cuman ga tau kapan bisa nyeduh nya -___-

Oh iya, pas banget di Gandaria City lagi ada Korean Food Festival. Berlangsung sampai besok tuh..jadi yang mau dateng, ayok buruan hehe….ada sample2 makanan nya juga loh…tadi gw embat buah melon hihi…terus ada macem2 makanan korea yang kaya di film2 deh…akhir nya gw beliin bokap gw kimchi, secara dari kemaren2 bilang ke gw, kalo ada kimchi minta dibeliin. Yah begini deh bokap gw, akibat racun serial korea cck cck…

Jajanan

Gara2 beli Kimchi, gw jadi liat2 yang lainnya deh ! Oh iya itu kimchi di atas gw beli seharga 9rb perak. Ada sih yang kemasan lebih besar. Cuman daripada tar bokap gw ga suka terus berabe gitu, jadi mending gw beliin yang kecil aja dulu.

Seneng banget gw hari ini…pengetahuan gw tentang teh jadi bertambah. Pengalaman baru lah hihi biarpun pergi sendirian alias ga ada temen, tapi tetep aja tadi bisa ngobrol sana sini kok :p

4 thoughts on “Citron Pu Erh Tea Cupping

Leave a Reply

