Roti !

Baru pertama kali ini gw bantuin nyokap bikin roti, sayang nya bukan gw yang bikin adonan nya. Cuman bantuin bentuk + kasih isi roti2nya. Pas pagi2 gw bangun, semua bahan kaya tepung, gula, mentega ud dimasukin sama nyokap gw, jadi gw ga tau berapa gram persis nya untuk masing2 bahan. Cuman bisa kasih list nya aja

Bahan Roti

1 kg tepung cakra / wheat flour
200 gr gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 bungkus fermipan -> kira2 sebesar indocafe coffeemix
50 ml susu cair
450 ml air
6 butir kuning telur
125 gr mentega

Cara Membuat

1. Campur tepung, gula pasir, garam, fermipan, mentega & kuning telur. Nyokap gw takaran nya 1 kg tepung dikasih 1 bungkus fermipan, terus kuning telur nya kemarin pake 9 telur untuk 1 kg tepung ini

2. Campur susu dengan air -> nah ini takaran nya ga liat

3. Tuang campuran susu sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk pake tangan sampe adonan kalis (ga lengket). Di bagian sini perjuangan berat nih, karenan adonan nya banyak, pas diaduk jadi berat banget. Begitu ud ga lengket, dibanting2 beberapa kali, biar cepet ngembang kata nyak gw

4. Tutup adonan dengan lap basah,ย  diamkan sampe mengembang

5. Begitu adonan ud mengembang, bagi2 adonan menjadi beberapa bagian buat bikin roti nya. Isi & bentuk sesuai selera.

Kemarin gw sama nyokap gw bikin roti rasa coklat (mesyes), keju, kornet, smoked beef, daging sapi, sosis & pizza

Untuk yang smoked beef, ditumis sebentar dengan bawang bombay biar lebih berasa. Yang daging sapi, dimasak dulu dengan bawang bombay,bawang putih, garam,gula sama kecap manis. Kalo kornet sama sosis langsung ditaro aja di roti nya

6. Adonan digiling sampe tipis trus masukin isi, taro ke loyang yang dasar nya ud diolesin mentega. Jaga jarak adonan jangan terlalu dekat, biar nanti ga nempel kalo ud mengembang lagi.

7. Diamkan sebentar roti nya di loyang sampai mengembang, terus olesin sama kuning telur sebelon dimasukin ke oven

8. Panggang roti di oven sampai berwarna emas kecoklatan di bagian atas nya (kira2 aja)

Nah..gw sama adik gw berpikir sekali2 kenapa ga coba bikin roti pizza ? Akhir nya beli bahan2 nya deh, kaya paprika, pasta tomat sama keju. Ternyata keju mozarella nya mahal banget! Nyak gw bilang 51rb, ga jadi deh. Ga tau merk apa itu..akhir nya beli keju kraft yang quick melt.

Untuk adonan roti nya, gw ambil banyakan, terus gw giling2 sampe agak lebar & panjang, trus ambil cetakan bulet, dicetak deh buat si roti nya. Taro di loyang, diamkan sampe mengembang, terus bagian tengah nya gw tekan2 sampe ke dalam, biar pinggir nya lebih tebel dikit cerita nya, terus yang diteken2 itu tusuk2 dengan garpu. Masukin ke oven diamkan sampe 1/2 mateng.

Keluarin dari oven, terus olesin dengan pasta tomat, saus tomat & saus sambal. Kasih sosis, smoked beef, paprika, bawang bombay ato apapun deh terserah, sesuai selera aja๐Ÿ˜€ terus atas nya dikasih keju parut, terakhir quickmelt itu.ย  Penampakan nya kaya gini

Roti ud diisi

Terus masukin roti ke oven lagi, diamkan sampe mateng, dicek2 aja kalo pinggiran nya ud coklat hehe, ga tau berapa lama, kemaren ga perhatiin soal nya

Ud mateng !

Ternyata ga bisa pake quickmelt๐Ÿ˜€ harus pake mozarella biar ada efek lengket2 kaya pizza d resto2 gitu haha…cuman not bad lah buat percobaan pertama. Adek gw doyan bener…..dimakan pas baru keluar dari oven enak banget loh, pinggiran nya keras & garing. Bangga banget gw sama percobaan pertama gw ini, biarpun adonan bukan gw yg bikin sih hihi

Saking bangga nya, ada foto close up nya lagi hihi

Terus ini contoh roti lain yang ud matang

Liat roti d kanan bawah? Itu kreasi adek gw hihi..kalo yang kiri atas bentuk kepang2 itu kreasi nyokap gw, isi nya sosis. Cuman, karena gw susah ikutin bentuk roti nya nyokap gw, akhir nya buat isi sosis, gw gulung aja gitu haha….yang kanan atas bentuk bulan sabit, itu isi keju, itu gw juga susah bener ikutin bentuk nyokap gw…kalo kiri bawah itu isi coklat, itu aja gw juga sempet kesusahan pas awal2 bikin, tapi lama2 lancar. Yang tengah itu isi smoked beef, cara bikin nya gampang, dibentuk bulat terus pinggir2nya digunting2 gitu deh.

Kemarin keluarga gw pada bikin kreasi roti sendiri…bokap gw bikin, ade gw yg gede bikin, kakak gw bikin haha…adek gw yang kecil, tadi nya mau bikin juga, cuman ide nya dia sama kaya gw, roti pizza gitu. Ga jadi deh dia bikin, secara isi yang dia mau sama persis sama yang gw mau buat haha

Total roti yang dibuat mmm sekitar 70-an ada kali hihi..kalo roti pizza nya sih ada 18 biji. Kalo mau makan nya yang anget2 gampang, masukin aja roti nya ke microwave antara 1,5 – 2 menit๐Ÿ˜€ Jadi dari kemaren siang, makan siang gw roti 2 biji, malem 1 biji, tadi pagi 1 biji seharian makan roti terus jadi nya haha…

Kalo ada yang nanya resep, tar gw coba tanya nyokap gw ya takaran nya..nanti diedit d bagian atas. Hehe…

15 thoughts on “Roti !

  1. gw aja baru kali ini liat proses nyak gw bikin roti dari awal – akhir. biasa nya mah tau nya ud jadi aja wakakakaka……sini sini main k rumah gw yuk! kapan2 baking bareng2 aja fan

  2. haha el, gw tanya nyokap gw dulu ya, nanti gw edit postingan gw di atas๐Ÿ˜€
    ahhhhhhh bayarin tiket nya deh, pasti gw berkunjung. dengan senang hati deh !

  3. aduh gua jadi kangen rumah. dulu gua suka bikin kue sendiri, soal nya suka laper, jadi kalo bikin kue sendiri kan hemat. dan nyokap gua juga sering bikin roti, bentuk nya yg dikepang2 gitu. tapi pake mesin yg muter2 gitu, cin. huiks. skrg nyokap gua udah sibuk kerja tiap hari

  4. @yoli : iya sama biar hemat juga. Ini aja jadinya ga beli roti tawar dulu hehe….kalo nyokap gw yg kepang2 itu,ujung kiri kana digunting2 yol,tapi ga bisa rapi gw hiks

    @olin : sini sini k rumah gw hehe….

  5. sekali2nya gue bikin roti itu pas pelajaran tata boga di smp hahaha. enak siii tp bikin adonannya cape jg mesti dibanting2 ditonjok2๐Ÿ˜€ lagian siapa yg makan kl sebanyak itu dirumah gue๐Ÿ˜€

    solusi: beli jadi wkwkwkwkwk. ato beli ama loe aja deh say!๐Ÿ˜€

  6. ahahahahaha……iya dibanting2 nya itu bikin capek loh. wah loe dulu pas smp ada pelajaran tata boga ? gw pas sekolah ga ada sama sekali pelajaran masak masak gitu….rumah gw penghuni nya banyak sih, ini aja dari 70-an ud berkurang drastis tuh gara2 dimakanin terus, bagus lah, daripada tar jamuran kan hihi

  7. keju yg bukan keluaran kraft emang mahal2 hehehehe๐Ÿ˜€
    wkt itu gw gaya mau beli keju parmesan.. udah gw ambil masuk ke keranjang, pas liat harganya, gileeeee 100rb-an aja gitu sebungkus… untung gw blom ke kasir… hahahaha…
    gede sih bungkusnya, tp ga worthy banget sih tuh 100rb-an segitu…
    dan kebetulan kemaren gw ada keju udah lama ga dimakan, mengering, pas gw parut, hasilnya kyk parmesan lho~ jd laen kali klo mau parmesan gituin aja, biarinin sampe kering kerontang (asal ga kadaluarsa) trus baru diparut ^o^
    kyknya quick melt lbh cocok untuk bikin chicken cordon bleu cin, yg cuman digoreng sebentar.. dulu gw pake yg singles kejunya kagak meleleh masa hahahaha… ya gw br 1x sih bikin cordon bleu.. klo dipanggang itu kan suhunya tinggi, jd pake keju biasa aja kali ya biar msh lengket2..
    gw di rumah ga punya oven, jd ga bisa bikin lasagna dan macaroni schotel๐Ÿ˜ฆ pdhl hendy suka lasagna dan gw suka schotel huhuhuhu~

  8. kalo yang parmesan gw ada sher…tapi yang buat efek lengket2nya itu si mozarela. nah itu dia tuh yang mahal, nyokap gw ga jadi ambil. tapi si quick melt iya nih ga bisa wakakakaka..untung buat makan sendiri, jadi ga masalah deh.

    siniiiiiiiiiiiii d rumah gw kan ada oven ! kalo loe mau bikin lasagna ato macaroni schotel ke rumah gw ajeeee :p tapi gw ambil jatah preman dulu wakakakaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s