Beef Potato

Duluu banget pas sebelon kuliah, gw sempet bikin kentang ini. Terus abis kuliah, kerja, ga pernah bikin lagi. Baru keinget kemaren sama resep ini, setelah ubek2 laci, nemu juga deh ni resep

Bahan:

1 buah bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
300 gr daging sapi giling -> gw pake nya 330 gr, pake yang ada aja di rumah hehe
5 buah tomat, seduh, buang biji & kulitnya -> gw pake tomat nya 3 buah. cuman ada segitu d kulkas😦
Garam, Gula, Merica secukupnya
Air secukup nya

Bahan Kentang :

600 gr kentang kukus, dihaluskan -> tapi gw pake kentang nya 1 kg euy😀 jadi sesuai selera aja deh
Keju cheddar, diparut secukupnya
Susu cair secukupnya -> gw pakai susu ultra kotak biru itu😀
Garam, Gula, Merica secukupnya

Kentang direbus

Tomat direbus

Tumis bawang bombay, bawang putih dengan minyak secukupnya  sampai layu(kurang lebih 2-3 sendok makan)

Masukkan daging sapi giling, aduk sampe berubah warna

Masukkan tomat yang ud dikupas kulit & dibuang bijinya terus tuang air secukupnya, diamkan sampai airnya habis terus kasih garam, gula & merica sesuai selera

Tuang daging di pinggan tahan panas ( I used my mom’s pyrex), sebelon nya olesi dulu alas & samping2nya dengan mentega

Kupas kulit kentang & siap ditumbuk!

Ditumbuk sampai halus campur dengan susu cair sesuai selera, keju parut, garam, gula & merica. Yang penting dicoba dulu…taste, taste, taste kalo kata si ramsay hihi


Tuang kentang di atas daging, ratakan

Olesi dengan kuning telur, taburi dengan keju parut sesuai selera

Panaskan oven terlebih dulu, kemudian panggang kentang selama 45 menit – 1 jam (sesuai selera). Tau udahan nya dari mana? Kalo bagian atas nya ud keras, ga lembek lagi. Terus kalo mau bagian atas nya agak coklat2 gitu, pindahin pyrex nya ke oven bagian bawah (yang api nya di atas gitu) tungguin aja, bentaran juga ud coklat gitu

Tadaaa..ini hasil jadi nya…sebener nya pengen lebih coklat lagi sih, cuman gw ga tahan sama panas nya si oven ! Ud kaya sauna aja dah!

Diamkan sebentar, jangan dipotong dulu soal nya dalem nya kan masih lembek tuh..sampe agak dingin jadi agak mengeras gitu..

Udah dipotong

Eat that with ur favorite chili sauce😀

Kalo dulu gw buat dibantu dengan nyokap gw dari dia yang motong bawang segala macem. Tadi gw buat sendiri😀 dimulai dari potong bawang nya yang bikin mata gw pedes ! Terus rebus kentang, tomat sampe kupas kentang nya juga. Cuman ya gitu deh….kalo punya bokap nyokap yang bisa masak, adaa aja gw direcokin hiks sampe sempet BT dikit. Bisa ga sih gw dkasih kebebasan buat cobain ini itu sendiri??? Gara2 kaya gini nih yang bikin gw males masak/bikin sesuatu di dapur😦 Dikomentarin macem2, terus tau2 kerjaan gw diambil alih >.<

Overall, kata semua nya enak !!! Kalo ga enak, gw pelototin !!! Hehe….tapi bokap gw aja sampe makan banyak, adek gw yang kecil juga. Adek gw yang gede aja bilang nya kurang, kata nya daging nya kurang banyak! Haduh…..

8 thoughts on “Beef Potato

  1. aahh beneran pengen punya oven. kayanya klo ga punya oven mau bikin apa2 ga bisa.
    aku pengen coba bikin baked rice, ciiiin.
    kayanya sih metodenya mirip2 ama beef potato lu ya. cuma klo baked rice, nasinya yg dibawa, trus daging + keju yg diatas..

    eh ini kejunya jadi kaya bisa melar gitu ga sih? kaya stuffed crustnya pizza?? hahhaha

  2. aina…tar ud ada rumah sendiri beli oven aja…yg kecil / sedang gitu. gw baked rice blon pernah coba nih…gw keju nya pake keju kraft doank na hihi……

    dan bener, kalo punya oven enak ya, bikin apa aja bisa dah…..ini oven nyokap gw ud dari jaman gw kecil na…soal nya kan nyokap gw jualan kue juga, jadi oven gede wajib banget deh hehe

  3. cres, thank u….kaya nya kalo ga ada oven bisa pake microwave kali ya..cuman atas nya ga bisa garing2 gitu? maybe…ga tau juga sih hehe..

  4. cinde… pengen gue praktekin deh secepatnya😀
    kalo natal biasanya di rumah oma gue suka bikin pastel tutup, kaya2 gini tapi pake sayuran jg laper nih jadinya!

Leave a Reply

