Roaming !

Sabtu kemarin, om nya nyokap gw dateng berkunjung ke rumah. FYI, om nya nyokap gw itu asli dari cina. Ga bisa bahasa indo. Ngomong nya pake hokkian. Gw ? Cuman bisa diem doankπŸ˜›. Di keluarga gw, yang bisa ngomong hokkian cuman yang ud angkatan tuaπŸ˜€ Gw & sodara2 sepupu gw sih ud ga bisa deh >.< Lah, om gw aja ada yang ga bisa juga kok.

Back to topic, gw pertama kenal om nya nyokap gw ini, yang gw panggil Kukong pas SMP/SMA gitu, lupa. Dia berkunjung ke Jakarta, karena ud lama ga ketemu sama ama gw (nenek gw dari pihak nyokap). Kukong gw ini, adek nya ama gw. Tapi..ga ada hubungan darah loh….bukan adek kandung ama gw. Adek angkat, kalo denger dari cerita nya sih (yang sudah diterjemahkan tentu nya), pas masih muda, ama & kukong gw ini ambil sumpah jadi saudara, kaya yang di film2 mandarin gitu ! Maka nya dia berkunjung karena ama gw kan ud lama ga pulang ke Cina sono…

Seinget gw sih, kukong gw ini 3-4x dateng ke Jakarta. Pertemuan 1-2 masih ketemu sama ama gw, wah ngobrol nya ud seru aje deh…gw diem doank, maklum, roamingπŸ˜€ Nah pas kukong gw ini mau dateng ke-3x nya, itu pas ama gw sakit. Pengenn banget dia berkunjung, eh, apa daya, patah tulang dia. Kaki nya patah, otomatis cancel deh, sampe ama gw meninggal. Terus dia baru bisa dateng beberapa bulan pas ama gw meninggal. Dijemput om gw di airport, langsung dibawa ke rumah gw, dimana keluarga besar gw ud ngumpul.

Pas dia dateng nyapa dulu kan, terus dia langsung liat album foto ama gw dari rumah duka sampai pemakaman. Wahh suasana nya sedih abis deh. Gw yang liat aja nangis. Kukong gw ini, sambil elus2 foto ama gw sambil nangis2. Kata nyokap gw sih, kukong gw ini nyesel, kenapa ga dateng ke sini pas ama gw masih ada. Besok nya sekeluarga besar + kukong langsung ke joglo tuh, makam nya ama gw. Gilee, di makam, gw nangis lagi. Bukan gw doank sih, tante2 gw juga pada nangis. Liat si kukong itu. Nyium2 nisan ama gw & nangis2, ngomong apa ga tau deh, abis itu dia nyembah nisan ama gw 3x, sesuai tradisi kali yah ?

Nahh sejak itu ga pernah ketemu lagi tuh. Ama gw meninggal 2003, baru 2011 dia dateng ke Jakarta lagi. Dihitung2 ud 8 taun-an kan? Biar ga ke sini lagi, tetep aja dia rutin loh nelp ke rumah gw. Ngobrol sama nyokap gw, nanya kabar satu persatu. Ditanyain semuaπŸ™‚ Apalagi kalo imlek, pasti nelpon deh. Terus kalo dia denger berita indo ada gempa ato apa, dia juga nelpon. Padahal bukan om kandung nyokap gw, tapi perhatian nya Top deh.

Terus, bulan lalu dia nelpon lagi ke rumah, kasih kabar, mau dateng ke jakarta selama 1 bulan. Ud pensiun sih dia, jadi ada waktu buat jalan2. Pertama dateng ke rumah gw itu sekitar 3 minggu yang lalu. Tapi dia cuman sempet ke rumah gw sebentar, abis itu diajak keliling2 Jakarta sama om gw & relasi nya. Yah, om nya nyokap gw itu punya banyak kenalan di Jakarta. Jadi diajak keliling sana sini dehπŸ˜€

Sebener nya kunjungan kali ini dia dateng sama istri nya sih. Cuman, istri nya ga tahan di Jakarta euy..cuman 1 minggu, balik lagi dia ke Xiamen, Cina. Ga betah kata nya, stress karena macet nya deh kaya nya hehe…

Baru akhir nya sabtu kemarin berkunjung lagi. Nah kunjungan kali ini lama banget tuh di rumah gw, seharian ada kali. Sebelum nya, diajak sama om gw dulu makan di resto padang, sesuai request dia,mau coba makanan indo. Karena makanan sunda ud pernah, akhir nya diajak ke resto padang. Ga suka tuh dia hehe…..pas banget di rumah gw masak soup, akhir nya makan soup deh & dia makan bakwan sayur juga haha..

Di rumah ngobrol2 biasa sama nyokap bokap gw & tante gw. Gw ga ngerti dia ngomong apa. Terus, pas tante gw mijit dia yak…gw pikir dia tidur kan. Gw ngomong aja langsung “tidur ya?” ternyata dijawab loh sama dia wakakaka…dia bilang “bo lahhhh….bo tidur!” ngerti die tidur arti nya apaan! Asli, malu banget gw hihi…

Oh iya, setiap berkunjung ke sini, pasti selalu bawain makanan banyakkk banget. Kebanyakan sih makanan kering, kaya jamur, rumput laut, buat dimasak sama nyokap gw.Oh iya, ada teh juga deh…kaya teh hijau gitu sih kalo ga salah, belon cobain sih. See? Bisa liat banyak nya kan..1 dus penuh euy…..ada rebung segala loh. Sama apa ya..kaya kacang yang merah itu yang buat ayam obat, lupa nama nya.

Selain itu dapet kiamboy segala sama yang di bungkus itu kaya kacang ting2, yang kalo di sini itu bentuk nya segitiga. Enak juga nih yang ini. Kiamboy nya juga enakπŸ˜€ Itu yang kacang tadi nya 1 bungkus banyak, sekarang tinggal 3 biji, dimakanin terus :p

1 hal yang gw takjub. Gw kan terakhir kali ketemu dia tahun 2003 yah which is 8 tahun yang lalu. Pas kemarin ketemu lagi, tampang dia ga berubah dah.. masih sama aja kaya yang dulu, ga tambah tua ato apa gitu….pengaruh gaya hidup juga kali yaaa..tapi dia ngerokok tuh >.< cuman masih awet muda aja !!

4 thoughts on “Roaming !

  1. Teh nya enak loh dr xiamen Cin .. namanya tie kuan yin .. alias teh kuanyim kl di indo.

    Eh kite sama sama org hokian ye, tp gw masi bisa bhs hokianπŸ˜€

    Kapan2 gitu kita kopdar di Xiamen yuk , gw pengen banget kesono.

  2. wah enak ya teh nya ? gw mau coba deh kalo gituπŸ˜€ iye hokian tapi gw ga bisa ngomong nya. ada beberapa yang ngerti sih haha…

    wuaaa amin, doain bisa kesana yaaaa

  3. wah kukong mu baik buanget…………..Pdhl bukan adik kandung ama mu yah.Gw ngiler banget tuh liat tuh kiamboy nya he..he..Urukyu kapan2 kamu bales kunjungan si kukong ke xiamen ajak nyokap aja .
    Gw doain deh semoga terlaksana

  4. cecillia, iyaa padahal bukan adik kandung, tapi deket nya parah bangetπŸ˜€

    Amin……thanks ya buat doa nya. emang pengen bisa pulang kampung hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s