Bikin Paspor Sendiri Ga Ribet Kok!!

Hari ini gw bikin paspor, buat rencana gw nanti bulan Oktober…dari waktu itu menimbang2 antara mau pake calo ato bikin sendiri, akhir nya putusin buat bikin sendiri, secara biaya nya beda 2x lipat nya euy…apalagi kantor imigrasi jaksel lokasi nya mayan deket, di tb simatupang, persis di sebelah lorena😀

Trus ud cari2 info dulu, sambil googling, trus nemu kalo bisa daftar paspor online…buat daftar online bisa di sini Ternyata kalo ud daftar online, proses nya lebih cepet…baca pengalaman orang laen, kalo ga daftar online, dateng ke imigrasi 3x, tapi kalo daftar online cukup 2x aja, mayan hemat waktu kan?

Akhir nya gw putuskan untuk daftar online. Apa yang diperluin? Selain isi data diri & alamat (btw, alamat biar ga ribet sebaik nya disamain sama KTP) kita harus scan juga copy KTP, KK, Akte Kelahiran/Ijasah + Surat Rekomendasi dari kantor. Scan nya itu ada max size nya 300 kb kalo ndak salah & harus dalam gray scale. Ud masuk2in semua, nanti dapet nomor permohonan deh…tu nomor di print yah.

Nah..hari ini gw pergi sama temen gw, karena takut rame, janjian de kita di imigrasi jaksel jam 6.15!! Ternyata masih sepi kosong melompong. Mulai rame sekitar jam 7.15-an gitu deh. Untung nya gw ber-2 duduk nya di depan mesin nomor antrian. Jadi pas 1/2 8, begitu mesin nya dinyalain, langsung deh ambil nomor antrian. Temen gw no 1 gw no 2😛 trus gw jaga tas2 kita, dia beliin map & ambil form buat gw.

Form nya sih gratis, kalo map kudu bayar 5rb perak…Trus sebelon dpanggil, yah blon jam 8 juga sih, jadi isi2 form dulu. Isi nya harus lengkap tuh…trus di map nya juga harus diisi nama, alamat & tanggal. Tinggal nunggu deh nomor nya dipanggil.

Pas giliran gw, ga tau nya petugas nya alumni binus juga, angkatan 2000 euy…sama pula jurusan nya, jadi ketauan deh kalo gw salah hihi…soal nya gw bukan bawa ijasah tp surat wisuda😛 untung ada akte kelahiran, jadi ijasah nya ga perlu deh….karena ud daftar online, dia kasih bukti surat untuk kita kasih ke kasir…jadi langsung bisa foto + interviu..

Kasih bukti nya ke kasir, taro gitu aja di depan, ada rak nya, trus duduk lagi deh nunggu dpanggil. Ga lama langsung dipanggil kok…trus bayar deh sebesar 270rb..perincian nya tuh begini

200.000 -> untuk pembuatan paspor

55.000 -> untuk biaya foto

15.000 -> untuk sidik jari

Abis bayar, langsung disuruh ke lantai 2 buat foto. Pas di lantai 2, wow rame benerrrr….trus ke loket nya deh, dapet nomor. Gw dapet no 23 temen gw 24. Trus duduk lagi deh sampe dipanggil. Begitu masuk, langsung disuruh duduk buat foto, sambil dtanya2 dikit sama petugas nya, mau kemana, ngapain…yah ngobrol2 dikit aja…trus sidik jari deh…selese, trus bukti bayar nya itu dibalikin lagi buat kita bawa minggu depan.

Gw tinggal nunggu aja deh, Rabu depan ud jadi paspor gw hehe jadi urusan gw, beres sudah….ga ada beban…bikin nya ternyata gampang yah, ga ribet seperti yg gw kira. Tapi mendingan daftar online dulu deh, lebih enak & lebih cepet…Oh iya, pas nunggu foto, ternyata masih banyak aja tuh yang pake calo…mungkin waktu mereka sedikit kali yah..kalo gw sih sayang, biaya 2x lipat euy…

Sampe daerah kantor jam 11-an, karena ud lapar, gw & temen gw ke food louver nya GI dulu, baru deh ke kantor hihi…sampe kantor pas jam 12 :P…

Enak nya, lokasi nya gampang dijangkau dari daerah gw. Seenggak nya, untuk ke sana gw tau harus naek angkot apaan aja :p trus kebetulan ada temen kantor gw yg lokasi nya mirip & dia mau bikin juga, jadi ada temen deh. Ga basi nunggu sendirian disana & ga malu gara2 ketauan keliatan bingung banget hihi..seenggak nya bego ya bego ber-2, pengalaman baru sih, jadi tadi deg2an juga..

Mana gw takut ga diterima, soal nya nama gw di KTP sama di Akte beda ejaan  TT_TT ribet bener..di KTP nama belakang gw ejaan lama, di akte ejaan baru..ternyata untuk paspor, pake nya sesuai akte, jadi nama gw ejaan baru. Untung orang nya baek, yah 1 almamater kali yee…jadi dia suruh gw ganti di form, dikasih tip-ex sama dia

Yang gw mau tau, nanti jadi masalah ga yah buat urusan bebas fiskal?? Secara NPWP gw nama nya ejaan lama ngikutin KTP…gimana yah?? Ada yang tau??

17 thoughts on “Bikin Paspor Sendiri Ga Ribet Kok!!

  1. keknya skrg emang gampang krn boleh bikin dimana aja(ud online sistemnya)…
    Cuma yg bikin pusing, wkt gw balik.. paspor gw dah sisa kurang dr 6bln trus gw pulang cm seminggu….
    Ama petugas imigrasi gw diomelin suruh perbaharui,klo ga ga boleh balik… eh pas mau urus passport, malah dibilang ga bisa krn gw cm di indo seminggu jd ga keburu…
    Jd, gw ga boleh keluar jg ga boleh bikin.. terpaksa deh keluar duit. ampir 4X lipet harga asli keknya cin…😦
    JKT doang tuh yg kek gitu.. cowo gw dijambi pdhl keadaannya sama baek2 aja malahan langsung dibikinin lgsg jadi.

    Tp info lu bermanfaat bngt, lain kli gw daftar dulu klo udah mau exp & pas gw mau balik.. Soalnya klo perbaharui disini jd ga ada barcode yg bisa digesek itu….

    Oh iya, saran gw cin.. lu minta KTP lu dibenerin aja deh. jd semuanya sama…🙂

  2. Iya nge huhu sedih gw,nih gw harus ngurus ganti nama di KTP,KK sama NPWP…keburu ga yah?? Gw pergi msh pertengahan oktober sih😦

    Parah banget ya dsini..laen kali daftar online nge,biar gampang…

  3. ud sampe fan???
    iya donk gaya😛 tp pusing nih gara2 nama d paspor sama npwp beda…jd nya gw urus ktp sama kk lagi de buat ganti nama biar sesuai akte hiks

  4. wah, thanks info-ny.
    mau tanya, kantor imigrasi jaksel ditulis di bukti permohonan online-ny di warung buncit.
    tapi udah pindah kn ya kantor-ny ke dkt lebak bulus?
    waktu itu Anda mengurus paspor di kantor yang di lebak bulus itu bukan?
    terima kasih.

  5. Hi sterpatrz, iya di bukti permohonannya emang d warung buncit,tp skrg yg deket lebak bulus kok..bawa aja print-an bukti onlinenya + semua copy dokumen + aslinya buat berkas…

  6. Hi, thanks infonya ya…
    Btw mau sedikit nanya nih, barusan aku register online juga, setelah isi data2 beres, upload file2 yang diperlukan tetapi ga berhasil (katanya bukan gray scale). Padahal file2ku itu semua scan dari fotokopian. dan besar masing2 filenya ga lebih dari 200 KB (btw syarat 300 KB itu per file kan?)

    Thanks bila ada yg ngerespon. Cheers!

  7. Hi, thanks infonya ya…

    Btw mau sedikit nanya nih, barusan aku register online juga, setelah isi data2 beres, upload file2 yang diperlukan tetapi ga berhasil (katanya bukan gray scale). Padahal file2ku itu semua scan dari fotokopian. dan besar masing2 filenya ga lebih dari 200 KB (btw syarat 300 KB itu per file kan?)

    Thanks bila ada yg ngerespon. Cheers!

  8. Hi Dini,kalo bukan gray scale emang ga bisa diupload. Mending kamu coba edit dulu hasil scan nya,kurangin contrast ato bright nya..bisa dicoba di ms office picture editor manager

  9. Halo, salam kenal yah, Thanks ya buat infonya,
    kebeneran saya juga mau bikin pasport . Mau tanya kalo daftar online terus ngurusnya datang ke kantor imigrasi mana aja bisa kan ya ? Thankss Dear

  10. hi joyce, salam kenal juga.
    di daftar online nya, ada pilihan kok kamu mo ke kantor imigrasi yg mana😀 jadi bisa pilih yg lokasi nya paling deket aja. nah nanti baru deh dateng ke kantor imigrasi yg ud dipilih itu…

  11. hi vivi, kalo grey scale itu bisa di edit di photoshop ato di ms office picture manager, tinggal dikurang / tambahin aja cahaya nya…diotak atik bagian situ aja🙂

  12. Hi..urukyu, mau tanya kmu buat paspor secara online bulan sep 2010 ini ya?
    setelah kmu submit online, brp lama baru dapat status (konfirmasi) dari imigrasinya ya? aku hari ini baru apply online, tapi gak tau kapan dapat konfirmasinya,he..
    tq ya utk sharingnya🙂

  13. hi san,abis submit trus kamu disuruh masukin verification code kan, abis itu keluar deh tanda bukti kalo kamu ud daftar online…kalo ud kaya gitu, harus nya sih besok nya juga ud bisa langsung ke sana..cuman kalo aku pas bikin kemaren sih, hari jumat daftar online segala macem, rabu nya baru ke imigrasi…tapi itu karena emang ada waktu nya rabu sih hehe

Leave a Reply

